STAR WARS TRIVIA #1 - THE ORIGINAL TRILOGY - SINOPSIS TRILOGI ORISINIL

Intro


Star Wars (bahasa Indonesia: Perang Bintang) adalah seri film epik, fiksi ilmiah, opera antariksa Amerika Serikat yang disutradarai oleh George Lucas. Semenjak dirilisnya serial ini, film ini telah menjadi sebuah fenomena budaya dan menghasilkan banyak produksi film, buku, permainan video, serial televisi, dan banyak produk lainnya yang dipasarkan.

Nah, siapa sih yang gatau sama Star Wars? Mulai dari lightsaber yang terkenal dimana mana, hingga sang Anakin Skywalker alias Darth Vader yang menjadi salah satu tokoh fiksi paling terkenal di seluruh dunia. Star Wars sendiri mempunya 2 macam Trilogi.
Trilogi tersebut adalah:
  • Original Trilogy
    1. A New Hope - Episode IV
    2. Empire Strike Back - Episode V
    3. Return of The Jedi - Episode VI
  • Prequel Trilogy
    1. The Phantom Menace - Episode I
    2. Attack Of The Clones - Episode II
    3. Revenge of The Sith - Episode III
 Selain kedua trilogi tersebut, rencananya kedepan Disney dan LucasArts akan membuat sebuah trilogi lagi yaitu Episode VII - The Force Awakens, Episode VIII, dan Episode IX.

__________________________________________________________________________
EPISODE IV - A NEW HOPE [1977]
StarWarsMoviePoster1977.jpg 

Dalam film ini, sekelompok pejuang kemerdekaan bernama Rebel Alliance berencana menghancurkan stasiun luar angkasa Death Star, sebuah senjata yang dibuat Galactic Empire yang jahat. Konflik ini mengubah kehidupan seorang anak tani Luke Skywalker ketika dia secara tidak sengaja mendapat droid yang membawa rancangan Death Star yang dicuri. Setelah Empire melakukan pencarian droid yang kejam, Skywalker memutuskan untuk menemani Jedi Master Obi-Wan Kenobi dalam misi menyelamatkan pemilik droid, pemimpin pemberontak Princess Leia, dan menyelamatkan galaksi.
 
EPISODE V - EMPIRE STRIKE BACK
SW - Empire Strikes Back.jpg 
Dikisahkan 3 tahun setelah kejadian di Episode IV, setelah Aliansi Pemberontak menghancurkan Death Star, mereka terpaksa harus mencari markas rahasia lagi setelah markas mereka yang pertama berhasil diketahui oleh Kerajaan Galaktik yang dipimpin oleh Darth Vader. Para pemberontak yang terdiri daro Luke Slywalker, Han Solo, Puteri Leia Organa dan beberapa pejuang lain menemukan sebuah tempat di planet es Hoth yang terpencil sebagai markas baru mereka untuk menghimpun kembali kekuatan untuk melakukan perlawanan.



Di planet Hoth itu, Luke mengalami peristiwa yang nyaris merenggut nyawanya namun akhirnya dengan sedikit kekuatan Force yang pernah diajarkan Obi-Wan Kenobi dan berkat bantuan dari kawan dekatnya Han Solo, Luke berhasil selamat. Namun di saat dalam kondisi bahaya tersebut, dirinya mendapatkan bayangan Obi-Wan yang menyuruhnya untuk menuju ke sebuah sistem terpencil guna menemukan seorang master Jedi bernama Yoda.



Tak butuh waktu yang lama bagi Kerajaan Galatik menemukan markas baru Pemberontak. Planet Hoth pun diserang sehingga membuat para pejuang melawan dan melakukan evakuasi karena kalah jumlah. Planet Hoth yang dingin membeku itu pun ditinggalkan. Han Solo bersama Puteri Leia, Chewbacca dan C-3PO yang menaiki Millenium Falcon guna menghindari kejaran Darth Vader terpaksa mesti mencari akal agar bisa lolos. Setelah bersembunyi di sebuah asteroid besar, mereka pun menuju Cloud City, sebuah tambang gas mengapung di langit planet Bespin yang dijalankan oleh teman lama Han, Lando Calrissian. Sayangnya di sana, Han dan kawan-kawan berhasil diperdaya.



Sementara itu, Luke Skywalker dan R2-D2 berhasil mencapai planet Dagobah dan bertemu master Yoda. Melanjutkan pelatihannya yang terputus dari Obi-Wan, Luke pun digembleng oleh Yoda untuk menjadi seorang ksatria Jedi. Namun sebelum berhasil menyelesaikan pelatihannya, Luke mesti meninggalkan Dagobah untuk meyelamatkan Han Solo dan Puteri Leia yang dalam bahaya. Usaha penyelamatan ini akhirnya membuat Luke harus berkonfrontasi dengan Darth Vader dan di saat duel menentukan itulah, Luke mendapatkan fakta mengenai dirinya yang sukar untuk diterima olehnya.

EPISODE VI - RETURN OF THE JEDI
 
Meski nyaris menyelesaikan pelatihannya dengan Yoda, Luke Skywalker (Mark Hamill) memulai rencananya untuk menyelamatkan sahabatnya; Han Solo (Harrison Ford) yang dibekukan dalam carbonite dan disekap oleh gembong penjahat Jabba the Hutt. Dibantu oleh Puteri Leia, Lando, Chewbacca dan dua droid yang selalu setia menemani, C-3PO dan R2-D2, mereka pun menyusup ke istana Jabba yang terletak di Tatooine, kampung halaman Luke. Setelah perjuangan yang cukup berat dan akhirnya berhasil membunuh Jabba the Hutt, Han Solo berhasil mereka bebaskan. Namun saat Leia, Solo dan yang lainnya kembali pada para pemberontak, Luke memutuskan untuk kembali ke Dagobah untuk menuntaskan pelatihannya sebagai seorang ksatria Jedi. Sayangnya saat ditemui, Yoda sedang sekarat. Menjelang ajalnya, Yoda memberitahukan bahwa Luke masih memiliki satu anggota keluarga lagi setelah ayahnya. Yoda menambahkan bahwa untuk menjadi seorang ksatria Jedi sejati, maka Luke harus sekali lagi menghadapi ayahnya; Darth Vader yang dulunya bernama Anakin Skywalker. Arwah Obi-Wan (Alec Guinness) menegaskan bahwa yang dimaksud oleh Yoda adalah saudari kembarnya yang sejak lahir dipisahkan dari Luke agar mereka berdua terhindar dari pengejaran sang Kaisar. Dari penjelasan Obi-Wan, barulah Luke mengetahu satu fakta lagi yang mengejutkan: Ternyata Leia adalah saudari kembarnya.



Aliansi Pemberontak kemudian mengetahui bahwa Kerajaan Galaktik tengah membangun sebuah Death Star yang baru. Han Solo lalu ditunjuk untuk memimpin tim penyerang untuk menghancurkan stasiun pembangkit tenaga stasiun tempur milik kerajaan yang berada di bulan hutan Endor. Luke yang baru kembali dari Dagobah turut bergabung dalam tim tersebut. Tim pun menuju ke Endor dengan menggunakan pesawat milik Kerajaan yang berhasil dicuri oleh para pemberontak. Setibanya di Endor, mereka bertemu dengan suku Ewoks dan menjalin persahabatan dengan mereka setelah melalui proses yang cukup sulit. Di sinilah Luke menjelaskan segala fakta mengenai hubungan di antara mereka yang tak lain adalah saudara kembar yang memuliki ayah dan ibu yang sama.



Luke yang tak mau membahayakan misi kawan-kawannya lalu menyerahkan diri pada pasukan Kerajaan. Dia lalu digiring ke Darth Vader, ayahnya. Luke membujuk ayahnya agar keluar dari sisi gelap, namun Vader mengatakan bahwa semuanya sudah terlambat dan dia harus membawa Luke menemui Kaisar Palpatine, master Sith-nya. Kaisar Palpatine sendiri ingin menjadikan Luke sebagai hambanya, sama seperti yang dilakukannya pada Darth Vader. Di episode klimaks inilah terjadi adu duel antara ayah dan anak untuk kedua kalinya. Apakah Luke berhasil membujuk ayahnya agar kembali ke jalan yang benar, atau haruskah dia membunuh ayahnya sendiri demi keselamatan semua makhluk yang ada di galaksi? Bagaimana dengan sang Kaisar yang berhasrat memilih Luke untuk menggantikan posisi Darth Vader?
 
Sekian dulu untuk sinopsis cerita dari The Original Three, kedepannya ane akan membahas lebih banyak lagi tentang Star Wars.
Terima Kasih. - TheGhostMW

Comments

Popular posts from this blog

[Full Album Download] Stand Up And Scream - Asking Alexandria

Kenapa Harus IMAX?

Blade Runner 2049 (2017) Review - Karya Para Maestro